Senin, 14 April 2008

Teknologi & Informasi

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG FTP

FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.


Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver/. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.

FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.

Para pemakai Internet mungkin lebih mengenal yang namanya HTTP atau Hyper-Text Transport Protocol. Jika kita ingin membuka sebuah website tentunya kita akan menggunakan HTTP sebagai protokolnya. Fungsi protokol HTTP ini cukup lengkap, karena protokol ini mampu menampilkan semua unsur multimedia, baik itu berupa teks, gambar, suara maupun video. Sebenarnya, di dunia perinternetan banyak sekali berbagai jenis protokol yang dibuat untuk mengatur berbagai aplikasi Internet. Dewasa ini kita mengenal yang namanya TCP/IP, SMTP, SNMP, POP3 dan terakhir selain HTTP. Masing-masing protokol mengatur secara khusus aplikasi di dunia perinternetan agar tidak ada perbedaaan atau problem yang dapat mengganggu bagi para pengguna atau netter. Seperti jika kita menggunakan e-mail di Internet, untuk mengirim e-mail kita menggunakan protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan untuk menerima e-mail dari sumber atau server kita menggunakan protokol POP3 (Post Office Protocol 3). SNMP atau Simple

Network Management Protocol adalah protokol yang mengatur dari jaringan-jaringan yang kompleks. Adapun TCP/IP atau transmission control protocol/internet protocol adalah metode jaringan yang digunakan oleh komputer-komputer untuk saling berhubungan satu sama lainnya. Selain itu dikenal istilah FTP, yang mungkin sedikit asing bagi para pemula pengguna Internet. fungsi FTP lebih banyak dikenal oleh orang-orang yang bekerja didunia website atau pelayanan pengiriman file-file di Internet. Selain tidak dapat menyediakan sebuah layanan yang interaktif seperti yang dilakukan oleh HTTP, FTP hanya sebuah fungsi yang menawarkan fasilitas pertukaran file yang sebenarnya sudah dapat dilakukan oleh HTTP. FTP merupakan aplikasi dari protokol yang lebih tinggi tingkatannya, yaitu TCP/IP. Selain FTP, protokol lain yang berada di bawah TCP/IP adalah HTTP dan SMTP. FTP adalah protokol yang mengatur proses transfer program atau informasi lainnya dalam bentuk file baik dari server ke client maupun sebaliknya atau dari satu komputer dengan komputer lainnya. Selain menggunakan protokol FTP, proses tersebut tentu harus berhubungan ke internet dengan menggunakan saluran dari sebuah ISP (internet service provider). Model protokol dan tipe data pada FTP Dalam program FTP sebenarnya terdiri dari empat elemen yang saling mendukung yaitu Client PI (Protocol Interface), Server PI, Client DTP (Data Transfer Process) dan Server DTP. Client PI adalah cara bagi client untuk mencoba berhubungan dengan server yang diinginkannya. Sedangkan Server PI adalah tanggapan dari server setelah ada sebuah request dari client dan elemen ini adalah langkah menuju data transfer process. Adapun client DTP adalah suatu cara client untuk berkomunikasi dengan server DTP dan local file system dan yang terakhir Server DTP adalah suatu cara untuk menerima proses dari client DTP dan remote file system. Dalam prosesnya, FTP menggunakan dua jenis hubungan dalam proses transfer file atau program. Kedua jenis tersebut adalah:

-Control connection, jenis hubungan ini digunakan antara client-server yang normal. Control connection digunakan oleh client untuk mengirimkan perintah-perintah khusus ke server agar server memberikan respon sesuai dengan yang diinginkan oleh client. Untuk mempertahankan agar hubungan koneksi dari kedua belah pihak berlangsung terusmenerus, sebuah program FTP biasanya akan mengirimkan sejumlah request dengan perintah yang dinamakan REST. Hubungan antara Protocol Interface (client dan server) biasanya dikenal dengan nama control connection. -Data connection, hubungan ini digunakan ketika file-file ditransfer antara client dan server. Hubungan ini bersifat memaksimalkan ukuran data yang ditransfer. Hubungan antara Data Transfer Process (client dan server) dikenal dengan nama data connection. Secara umum pekerjaan yang dapat dilakukan oleh program FTP dirangkum dalam tiga bagian, yaitu, login, operasi file dan aktifitas logout. Pada proses login, kita akan menyebutkan nama server yang akan dihubungi disertai dengan username dan password jika dibutuhkan. Setelah proses otentikasi selesai, sesuai dengan otoritas yang diberikan, kita dapat melakukan aktifitas download, delete atau upload sesuai dengan keinginan kita dan batasan yang diberikan oleh server. Setelah selesai, maka kita dapat keluar dan menyelesaikan proses ketiga yaitu logout. Dalam pengiriman dan pentransferan data, ada empat jenis tipe data dan dua diantaranya biasa dipakai, yaitu ASCII dan Binary. Tipe data ASCII digunakan untuk mengirimkan file-file yang berjenis teks seperti .doc, .xls dan lain sebagainya. Sedangkan binary digunakan untuk mengirim file-file yang bersifat non teks atau file-file bergambar dan movie, misalnya file-file yang bertitel .jpg, .gif, .mpg, .mpa dan lain sebagainya. Sedangkan dua tipe lain yang jarang dipakai yaitu EBCDIC yang mirip dengan ASCII tetapi lebih spesifik hanya untuk file-file bertipe EBCDIC dan yang terakhir Local file yang digunakan untuk pengiriman dengan ukuran byte yang kecil atau tidak lebih dari delapan. Yang perlu diperhatikan dalam pentransferan data ini adalah pemilihan jenis data yang tepat, sebab kesalahan dalam penentuan tipe akan menyebabkan kerusakan data atau file-file tersebut. Misalnya, jika kita ingin mengirimkan sebuah file-file yang berjenis gambar ke sebuah server ftp, tetapi ketika pengirimannya kita menggunakan jenis tipe ASCII, maka

file gambar tersebut akan mengalami kerusakan atau gagal transfer sehingga tidak bisa dilihat. Beberapa software

FTP yang dapat digunakan Secara umum software-software FTP yang dapat digunakan terbagi dari dua bagian yaitu graphical-based application dan text-based application. Untuk jenis text-based application kita harus memperhatikan beberapa parameter seperti kontrol format, struktur, dan mode transmisi. Sesuatu hal yang teramat penting yang perlu kita ketahui jika kita menggunakan software FTP yang berbasis text-based adalah memahami perintah-perintah yang sesuai. Tanpa mengerti akan perintah-perintah ini, kita tidak dapat menjalankan program tersebut secara normal. Beberapa perintah-perintah yang sering dipakai seperti USER yang digunakan untuk menyatakan nama user di server, PASS digunakan untuk menginformasikan password, ABOR yang digunakan untuk membatalkan perintah dan transfer, MKD yang digunakan untuk membuat direktori, LIST yang digunakan untuk menyebutkan daftar file atau direktori, RETR yang digunakan untuk mengambil file download, STOR yang digunakan untuk mengirim file atau upload, DELE yang http://safri-lubis.info/file Powered by Joomla! Generated: 14 April, 2008, 03:30

digunakan untuk menghapus file, TYPE yang digunakan untuk menentukan jenis file seperti yang telah diterangkan sebelumnya A jika file tersebut berjenis ASCII dan BIN jika file tersebut berjenis binary dan terakhir QUIT yang digunakan untuk keluar dari server. Pemahaman atas perintah-perintah diatas sangat penting jika kita menggunakan software-software FTP yang berbasis teks. Namun hal itu tidak diperlukan ketika kita menggunakan graphical-based application. Software-software ini telah mempermudah cara kerja dari tata kerja FTP yang ada. Dengan menggunakan software-software FTP yang berbasis grafik kita hanya perlu memasukkan username dan password sebagai langkah awal. Beberapa contoh dari software-software FTP yang berbasis grafik seperti yang telah disebutkan diatas adalah seperti CuteFTP, SmartFTP, War FTP Daemon dan WS_FTP. Dengan menggunakan WS_FTP misalnya, kita dapat melakukan operasi pada direktori seperti melihat, membuat, menghapus dan mengubah direktori dan melalukan berbagai operasi seperti memindahkan, menghapus, melihat dan mengubah nama file. Selain itu software FTP ini benarbenar mendukung sistem operasi Windows yang tersedia dalam berbagai edition, kita dapat menggunakan versi limited edition yang disediakan untuk aktifitas pribadi, silakan mendownloadnya di http://www.ipswitch.com/downloads/index.html . Program WS_FTP ini dapat digunakan pada mulai dari Windows 3.1 hingga Windows XP operation system. Beberapa software FTP lainnya seperti CuteFTP dapat didonwload di alamat http://www.cuteftp.com/store/index.asp, War FTP daemon dapat didownload di http://www.warftp.org/ dan SmartFTP dapat didownload di http://www.smartftp.com/download/. Selain itu web browser seperti IE (Internet Explorer) atau netscape navigator juga dapat mengambil fungsi program-program FTP berbasis grafik. Hubungan ke FTP-server ini terlihat jelas pada awal alamatnya yang bertuliskan ftp://, setelah terhubung, browser langsung memperlihatkan file-file atau direktori yang terdapat diserver, atau sebelumnya kita harus memasukkan login dan password jika FTP-server tersebut menggunakan sistem pengamanan login dan password. Selanjutnya kita dapat memilih dan men-download file-file tersebut ke komputer kita. Tetapi dengan menggunakan sebuah software FTP, proses pen-download-an atau pengiriman akan lebih gampang dan rapi karena kita dapat langsung melakukan proses-proses tersebut tepat didirektori yang kita inginkan. Ringkasnya, penggunaan program FTP untuk transfer file-file sangat diperlukan di dunia Internet. Aktifitas transfer tersebut dapat berlangsung di berbagai jenis aktifitas, misalnya seorang webmaster atau web designer memerlukan program FTP untuk meng-upload atau mengganti file-file pendukung dari website yang dikelolanya atau seorang dosen memerlukan program FTP untuk meng-upload file-file yang diperlukan mahasiswanya di website universitasnya dan meng-download file-file yang berisikan informasi atau artikel yang diperlukan dari berbagai sumber informasi yang di-subscribe dari seluruh dunia. Selain itu, dengan menggunakan program FTP dapat mempersingkat pengiriman file-file antar pihak-pihak terkait tanpa perlu membangun sebuah website pendukung yang mungkin interaktif yang jelas-jelas akan menambah biaya dan waktu untuk men-set-up dan me-maintenance-nya. Kesederhanaan dan ketepatan serta penggunaan software-software FTP yang graphical-based dapat mempercepat dan menghemat biaya koneksi ke internet. Tata cara penginstalan dan penggunaan software-software tersebut dapat dilihat pada websitenya masing-masing. Mudah-mudahan hal ini merupakan salah satu alternatif lain untuk mengantisipasi pengiriman dan pengambilan file-file di internet dimasa-masa biaya koneksi ke internet yang semakin tinggi dan mahal. Daftar pustaka: AS Pratisto (1999) Apa Sebenarnya File Tranfer Protocol, CHIP Indonesia Magazine, November 1999, pp 115. Brian Bagnall (2000) E-mail Virus Protection Handbook, Syngress, USA. Dan corkery (2000) Produce your Own Website, Next Handbooks, Redfern NSW, Australia Paul Gilster (1993) The Internet Navigator, Jhon Willey & Sons, Inc, New York, USA Trezciak, J & Mackay, S E (1994) Study Skills for Academic Writing, Prentice Hall International , UK, Unit 3 Willy Sudiarto Raharjo (2004), Beginilah Cara FTP Berkoneksi, PCPlus Tabloid, Volume 162/5, 10-16 Februari 2004. Imagescape, When and How to Use File Tranfer Protocol, http://www.imagescape.com/helpweb/ftp/ftp.html. Imagespace, WS_FTP For Windows Connecting To Your Home Directory, http://www.imagescape.com/helpweb/ftp/homeftp.html http://safri-lubis.info/file Powered by Joomla! Generated: 14 April, 2008, 03:30