Sabtu, 12 April 2008

MANAJEMEN DIRI

Analisa Diri

Seorang trainer mengatakan kita adalah yang kita pikirkan..Semua itu yang membentuk suatu karakter yang mungkin disebut jatidiri seorang manusia.Dan jika dikaitkan dengan filosofi dalam ilmu statistik,kekurangan dalam diri manusia diibaratkan galat atau error.Setiap analisa yang dilakukan untuk sebuah experimen pasti menghasilkan error.Dan yang terpenting adalah baagaimana maminimalkan error.

Salah satu kekurangan pada individu kurang percaya diri,malas,dan pengendalian diri yang lemah.Kelemahan diatas dapat disebabkan oleh banyak hal.Kurang percaya diri bisa disebabkan karena merasa kurang dibandingkan yang lain,atau mungkin pererbedaan pandangan hidup,malas dapat karena lingkungan pergaulan,pola pikir yang menyepelekan sesuatu,dan emosional dapat karena kurang dewasa.Dan dapat simpulkan,kurang percaya diri bisa diatasi dengan membangun dasar pemikiran bahwa kita mampu.Sehingga terbentuk pola pikir visioner dan optimis tetapi bukan overconfidence atau arogant.Semua kelemahan diatas terbentuk karena kurangnya kesadaran akan tanggungjawab.Dan untuk mengatasinya hanya membentuk motivasi untuk merubah arah perilaku,pola pikir,dan kebiasaan.Dan bagaimana untuk menciptakn motivasi adalah mencoba untuk membuat mapping life,lebih peka terhadap lingkungan,dan belajar tegas dan disiplin pada diri sendiri.

Kelebihan saya adalah memiliki jiwa pebisnis,toleran,dan kritis.Ketika melihat peluang bisnis dan saya yakin mampu melakukannya pasti akan saya usahakan untuk menjadi usaha.Saya termasuk orang yang toleran terhadap tema-teman saya sehingga tidak sulit bagi mereka untuk bergaul dengan saya.Kekritisan saya muncul ketika menghadapi sesuatu hal yang terasa janggal.Jadi,saya sedikit lebih teliti dibandingkan teman-teman